Selasa, 04 Februari 2014

Tips Supaya Kelinci Tidak Terkena Scabies/Kurap

Tips Supaya Kelinci Tidak Terkena Scabies/Kurap
Kelinci merupakan binatang yang menggemaskan dan lucu. Wajar jika banyak orang yang senang dan memelihara binatang bertelinga panjang ini, mulai dari sekedar penghobi sampai peternak kelinci. Kalau saya sendiri termasuk masih penghobi kelinci.

Namun, bagaimana perasaan kita ketika kelinci kesayangan kita terkena penyakit scabies/kurap? pasti perasaan kita kasihan dan sedih melihat kelinci yang tadinya begitu menggemaskan menjadi korengan di beberapa bagian tubuhnya. Gejala awal penyakit Scabies ditunjukkan dengan warna merah pada telinga atau bagian tubuh yang lain. Jika sudah parah, dapat menyebabkan rontoknya bulu pada Kelinci dan bisa juga menyebabkan kematian. Mengerikan!

Tentunya kita tidak ingin kelinci yang kita pelihara terkena penyakit scabies bukan? Mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu kata pepatah. Dan inilah tips supaya kelinci kita tidak terserang penyakit scabies/kurap:

1. Selalu bersihkan  kandang kelinci Anda
Membersihkan kandang kelinci merupakan hal pertama yang harus sering dilakukan supaya kelinci tidak terserang scabies/kurap.  Bersihkan kandang kelinci kelinci Anda setiap hari atau kalau sibuk paling lama tiga hari. Jangan sampai kotoron kelinci menumpuk dalam kandang. Kalau hal ini terjadi dan dibiarkan akan menjadi sumber penyakit bagi kelinci.

2. Buang makanan kelinci (pakan hijauan) yang tidak habis selama sehari
Hal ini tidak kalah penting untuk menjaga supaya kelinci terhindar dari penyakit scabies/kurap. Makanan kelinci (hijauan) yang tidak habis harus segera diambil supaya makanan tersebut tidak membusuk. Kalau dibiarkan dan malas mengambil makanan hijauan yang tidak habis sehari, maka anda telah 'menjerumuskan' kelinci untuk mengidap penyakit scabies/kurap.
3. Atur sanitasi kandang sebaik mungkin
Mengatur sanitasi kandang sangat baik. Usahakan kelinci lalu lintas udara kandang baik. Selain itu, sebaiknya posisi tinggi kandang jangan terlalu rendah/pendek. Tujuannya supaya kotoran yang jatuh tidak terkontaminasi dengan sang kelinci.Kelembaban kandang juga perlu diperhatikan.Kandang kelinci jangan terlalu lembab dan terlalu panas.

4. Hati-hati dalam memberi minum kelinci
Anda sayang dengan kelinci anda bukan? karena sayang, maka anda pun memberi minum kepada kelinci karena anda tahu bahwa kelinci juga makhluk hidup yang membutuhkan minum. Namun, terkadang kita salah dalam memberi minum kepada kelinci (ini pengalaman saya). Kalau Anda memberi minum kepada kelinci, berikan tempat minum yang baik. Pakailah botol khusus minum kelinci. Jangan memberikan minum menggunakan tempat yang kemungkinan besar akan tumpah di dalam kandang. Karena kalau airnya tumpah dalam kandang, kandang menjadi becek. Kalau hal ini terjadi, bersiaplah melihat kelinci anda terserang penyakit scabies/kurap.

Demikian Tips Supaya Kelinci Tidak Terkena Scabies/Kurap dari saya. semoga bermanfaat. Salam Kelinci Banten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda pada blog ini. Untuk diskusi dan bertukar informasi Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Thanks.