Selasa, 22 Mei 2012

Cara Mengobati Kelinci Scabies/Kudis

Mungkin Anda pernah melihat atau mempunyai kelinci yang terserang penyakit scabies atau di Petir disebut kudis/gudigan. Kita sangat kasihan melihat kelinci kita yang menderita penyakit ini. Mereka sibuk menggaruk-garuk tubuh mereka yang gatal. Ini contoh kelinci yang terkena penyakit scabies:
 Scabies adalah sejenis kutu yang ukurannya sangat kecil. Mereka bersarang di bawah lapisan kulit sehingga menyebabkan gatal.Kelinci yang terjangkit akan sering menggaruk bagian yang terjangkit (pada umumnya kuping, kaki, hidung kelinci) sampai bagian tersebut luka bahkan robek. Ciri-ciri kelinci yang terjangkit. Pada bagian yang terjangkit terdapat kerak seperti ketombe. Kalau di kaki, ditambah dengan pembengkakan sehingga kuku terlihat seperti mau copot. Pada bagian kuping bahkan pinggirannya hilang terpotong-potong oleh kutu. Seiring parahnya penyakit, pembengkakan akan semakin parah ditambah luka dan menyebabkan kelinci tidak nafsu makan dan tidur yang pada akhirnya bisa berdampak pada kematian.
Pemberian pakan berupa rumput-rumputan bisa merupakan sumber penyakit scabies. Tapi lebih dominan akibat kotornya kandang, karena akan terjadi rembetan penularan dari kandang satu kekandang yg lain, dari kelinci satu kekelinci yg lain atau infeksi secara berulang. Jadi pada saat kelinci diberi obat, kandang juga harus disucihamakan,
Pencegahan yang dilakukan untuk mengatasi scabies adalah:

1. Bersihkan kandang setiap hari
2. Buang pakan hijauan yang tidak habis selama sehari
3. Atur sanitasi kandang sebaik mungkin, jangan terlalu lembab dan terlalu panas yang sedang-sedang saja/ suhu ruangan
4. Bila kelinci terjangkit, maka pisahkan dengan yang lainya karena penyakit ini menular

Cara Mengobati Penyakit Scabies/Kudis
Sebenarnya banyak sekali obat khusus untuk mengobati scabies yang bisa dibeli. Namun karena di Petir sulit untuk mendapatkan obat khusus scabies ini, maka saya mengobati dengan cara tradisional. Dan alhamdulillah kelinci saya menderita scabies menjadi sembuh. Berikut cara yang pernah saya lakukan untuk mengobati penyakit scabies/kudis/gudig:
Bersihkan (lap) sekitar daerah pada kelinci yang terkena kudis menggunakan air hangat. Setelah itu, oleskan obat tradisional (campuran oli, cuka, dan bawang merah) pada daerah kudisnya sehari sekali. Lakukan pengobatan sampai sembuh kelinci sembuh total. Setelah beberapa hari, lihatlah hasilnya. Luka kudis pada telinga, mulut, hidung, kaki kelinci kita mengelupas. Kelinci kita pun sembuh.
NB: Saya juga pernah menggunakan Salep 88 (maaf bukan promosi) untuk mengobati penyakit scabies pada kelinci saya. Dan berhasil.
Bagi Anda yang punya alternatif lain untuk mengobati penyakit scabies pada kelinci kita bisa berdiskusi.
Salam Kelinci Banten!


18 komentar:

  1. Bagus banget kang blog nya, tulisan juga bagus. Saya dari dulu kepengen banget beternak kelinci, cuman pengetahun saya masih minim, juga lahan yg kurang memadai.. takut gak berhasil :p

    boleh saya minta alamat lengkapnya?kalau ada waktu saya mau main ketempat akang, kebetulan saya punya saudara didaerah kaujon idul.

    Terima kasih.
    Adang saputra,28
    Tangerang selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Saya juga sama mas masih belajar dalam beternak kelinci. Tapi saya punya keyakinan saya pasti bisa walaupun saat ini hanya beberapa ekor.
      Alamat lengkap saya ada di Profil. Terimakasih.

      Hapus
    2. maaf gan/sis.
      salp 88 husus d apotik obat hewan,apa d mana

      Hapus
    3. maaf gan/sis.
      salp 88 ada d apotik husus hewan, apa d mana

      Hapus
    4. boleh minta nomernya? saya dari serang juga di lopang, bisa saya bertanya dan saran untuk beberapa hal mengenai berternak kelinci? mohon bangtuannya

      bisa hubungi saya di tidaktau@rocketmail.com
      atau di twitter @teh_caca
      terimakasih

      Hapus
  2. Bagus banget artikelnya mas, sangat membantu. Oya mas cara meracik dan mengoles obatnya gmn? Takaran bahannya berapa? Thank sebelumnya.

    BalasHapus
  3. terimakasih banyak atas artikelnya :') 6 kelinci saya terserang scabies persis seperti ini. terimakasih banyaaaak :D

    BalasHapus
  4. ada yang nomor yang bisa di hubungi karena ada yang ingin tanyakan mengenai kelinci saya ? terima kasih

    BalasHapus
  5. ada nomor yang bisa di hubungi soalnya saya mau bertanya tentang penyakit ini

    BalasHapus
  6. mas kalo kudisnya di kaki depan kelinci kalo diolesi apa gak bahaya kalo di jilatin kakinya kalo pke salep or obat tradisonal tadi

    BalasHapus
  7. mas kalo kudisnya ada di kaki depan kelinci apa gak bahaya kalo di kasi obat tradisonal or salep, apabila kelincinya ngejilatin kakinya????

    BalasHapus
  8. Kelinci saya juga menderita penyakit yang sama. Gejalanya bulu disekitaran telinga rontok. Lalu saya coba untuk mengoleskan salep hydrocortizon. Apakah salep tersebut bisa menyembuhkannya ? Terima kasih

    BalasHapus
  9. campuran oli, maksudnya apa ya mas??

    BalasHapus
  10. maksud dengan OLI itu apa ya mas? mohon penjelasannya :D
    trimaksih infonya mas :D

    BalasHapus
  11. Mohon maaf kepada semua pengunjung, pertanyaannya banyak yang tak dibalas. Insyallah blog kelinci Banten ini mulai update kembali.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan anda pada blog ini. Untuk diskusi dan bertukar informasi Anda bisa menuliskannya di kolom komentar. Thanks.